Ratusan Juta Rupiah Menanti ‘Bug Hunter’ yang Bisa Bantu Google Chrome

Ratusan Juta Rupiah Menanti ‘Bug Hunter’ yang Bisa Bantu Google Chrome – Dikenal sebagai perusahaan teknologi terbesar di dunia, Google selalu berusaha untuk memperbaiki layanan mereka. Memberikan inovasi-inovasi baru lewat penemuan mereka di bidang teknologi. Salah satunya melalui web browser kebanggaan mereka, yaitu Google Chrome. Salah satu browser paling banyak digunakan oleh pengguna internet. Browser tersebut terus dikembangkan agar mampu memberikan pengalaman terbaik kepada pengguna. Termasuk soal keamanan.

Google mencari bug hunter

Internet adalah dunia yang sangat luas. Maka dari itu tempat yang disebut sebagai dunia maya itu menyimpan banyak potensi yang dapat berpengaruh kepada pengguna. Tak terkecuali yang berkaitan dengan sistem keamanan, baik bagi perangkat yang digunakan maupun pengguna perangkat itu sendiri.

Google dalam proses pengembangan berbagai produk yang dimilikinya, selalu membuka kesempatan bagi para pemilik kemampuan luar biasa untuk bergabung bersama mereka. Salah satu yang sering dilakukan oleh Google adalah mengajak para bug hunter untuk menemukan celah keamanan pada sistem mereka.

Baca Juga : Tak Mau Kalah, Ini Dia Teknologi Buatan Indonesia yang Mendunia!

Bagi mereka yang berhasil melakukan apa yang diminta oleh Google, maka akan diberikan imbalan berupa sejumlah uang. Google sendiri sudah melakukan hal seperti ini sejak tahun 2010. Kini mereka kembali membuka peluang yang sama bagi para pemburu bug (bug hunter) untuk menemukan celah keamanan pada Google Chrome.

Bukan tanpa alasan, hal tersebut tentunya akan meringankan pekerjaan Google dalam memberikan jaminan keamanan pada pengguna mereka. Sehingga mereka selaku pengembang aplikasi bisa fokus pada peningkatan di bidang yang lain.

Google sendiri menyebut kalau hadiah yang mereka tawarkan kali ini lebih besar dari sebelumnya. Selama program ini berlangsung, Google sudah menghabiskan dana sekitar 5 juta Dollar AS. Sementara itu saat ini bagi mereka yang bisa menemukan celah dengan kategori high-quality reports, maka akan diberikan hadiah sebesar 30.000 dollar AS

Jumlah tersebut setara dengan 417 juta jika dirupiahkan. Jumlahnya pun disebut dua kali lebih besar dari sebelumnya. Sedangkan untuk hadiah paling kecil diberikan sebesar 15.000 dollar AS atau sejumlah 200 juta rupiah. Sungguh angka yang sangat menggiurkan.

Kabar baik lainnya adalah Google tidak hanya memberlakukan program ini untuk browser mereka saja, tapi juga pada sistem operasi yang sedang mereka kembangkan, yaitu Chrome OS. Seperti yang kita ketahui, sistem operasi milik Google itu sudah digunakan pada sejumlah perangkat, seperti Chromebook dan Chromebox.

Menurut data yang dirilis oleh Cnet, sejak program periode ini berjalan, sudah ada sekitar 8.500 bug yang ditemukan oleh para bug hunter. Itu artinya tim Google akan bekerja lebih keras lagi untuk menutup dan mengatasi semua celah keamanan tersebut. Sehingga pengguna merasa lebih aman dan nyaman ketika menggunakan produk mereka.

Di era digital yang semakin canggih sekarang ini, apa saja bisa terjadi, termasuk pencurian dan penyalagunaan data pengguna yang tersebar di Internet. Maka dari itu perbaikan keamanan sistem sangat penting untuk dilakukan.

Baca Juga : Kembali Viral, Ternyata FaceApp Bisa Bahayakan Pengguna

Sebagai sebuah perusahaan yang dikenal sebagai “raksasa internet” sudah barang tentu Google berupaya untuk terus menjaga kualitas serta kepercayaan pengguna. Apalagi dengan program seperti ini akan membuat banyak orang berkesempatan menjukkan kebolehan mereka dalam membantu Google agar semakin baik lagi ke depannya.

Cara seperti biasanya juga dilakukan oleh perusahaan-perusahaan besar dalam melakukan perekrutan karyawan baru. Bukan tidak mungkin nantinya Google selain memberikan hadiah yang sudah dijanjikan, juga akan memberikan kesempatan emas untuk bekerja bersama di perusahaan mereka. Tentu sangat menyenangkan.

3 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here