Apa Itu Flowchart ? Berikut Pengertiannya

Definisi Flowchart adalah gambaran dalam bentuk diagram alir dari algoritma-algoritma dalam suatu program, yang menyatakan arah alur program tersebut.

Pengertian Flowchart ? Apa sih itu

Para ahli telah mendefinisikan Flowchart menurut pandangannya masing-masing diantaranya yang paling terkenal adalah :

Pahlevy (2010)

Pahlevy menyatakan bahwa Flow chart (bagan alir) merupakan sebuah gambaran dalam bentuk diagram alir dari algoritma-algoritma dalam suatu program, yang menyatakan arah alur program tersebut.

Jogiyanto (2005)

Jogiyanto berpendapat bahwa Bagan alir (flowchart) adalah bagan (chart)yang menunjukkan alir atau arus (flow) di dalam program atau prosedur sistem secara logika.

Baca Juga : Tahukah kalian inilah Perbedaan antara Headset, Headphone, Earphone dan Handsfree

Krismiaji (2010)

Dalam bukunya berjudul Sistem Informasi dan Akutansi, Krismiaji menyebutkan bahwa Bagan alir merupakan teknik analitis yang digunakan untuk menjelaskan aspek-aspek sistem informasi secara jelas, tepat dan logis.

Indrajani (2011)

Flowchart menurut pandangan Indrajani merupakan gambaran secara grafik dari langkah-langkah dan urutan prosedur suatu program.

Sariadin Siallagan (2009)

Sariadin Siallagan berpendapat bahwa Flowchart adalah bagan atau suatu diagram alir yang mempergunakan simbol atau tanda untuk menyelesaikan suatu masalah.

Flowchart sanga erat kaitanya dengan Data Flow Diagram (DFD). Apa itu DFD ?

Baca Juga : Apa Saja Peralatan Penyimpanan Data ?

Pengetian Data Flow Diagram (DFD)

Menurut Pahlevi definisi Data Flow Diagram (DFD) merupakan suatu diagram yang menggunakan notasi-notasi untuk menggambarkan arus dari data sistem, yang penggunaannya sangat membantu untuk memahami sistem secara logika, tersruktur dan jelas.

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here