9 MANFAAT BUAH CEMPEDAK BAGI KESEHATAN TUBUH

MANFAAT BUAH CEMPEDAK BAGI KESEHATAN TUBUH

Siapa yang tidak mengenal buah cempedak ini, buah cempedak ini memliki aroma khas yang sangat kuat sekali. Buah cempadak sekilas mirip dengan buah nangka, dengan kulit yang berduri kecil-kecil kulit nya sama-sama berwarna hijau, dan bagian dagingnyapun memiliki warna yang sama yaitu warna kuning terang. dari sisi aroma, buah cempedak dan buah nangka memang sama-sama kuat, akan tetapi buah cempedak ini memiliki aroma yang lebih kuat daripada buah nangka. ada juga yang beranggapan kalau aroma buah cempedak ini memiliki aroma yang sama dengan buah durian.

Buah cempedak memiliki kandungan gizi, sebelum saya menyebutkan manfaat buah cempedak, saya akan meyebutkan sedikit kandungan gizi yang di miliki oleh buah cempedak ini, antara lain sebagai berikut :

Buah cempedak ini memiliki rasa yang sangat manis dan menagihkan dan aroma yang sanagat kuat sekali. Ternyata di balik itu semua buah cempedak memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk tubuh manusia, nutrisi tersebut antara lain seperi vitamin A, C, Enzim, Bioflavanoid, dan Ascobic Acid. Karena kandungan-kandungan nutrisi itulah yang menyebabkan buah cempedaka memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh.

Kali ini saya akan menyebutkan beberapa manfaat buah cempedak bagi kesehatan tubuh antara lain sebagai berikut :

  • Buah cempedak dapat menyehatkan mata

Siapa sih yang tidak ingin memiliki mata yang sehat? semua pasti menginginkan nya bukan? memang banyak buah-buahan memiliki kandungan yang berfungsi untuk menyehatkan mata, salah satu nya buah cempedak ini. Buah cempedaka ini memiliki kandungan vitamin A yang mampu membantu dalam menyehatkan mata kita. Buah cempedak ini salah satu buah yang memilki rasa yang nikmat untuk di jadikan pemasok akan vitamin A ke dalam tubuh kita.

  • Buah cempedak dapat merendahkan kolesterol pada darah

Buah cempedak ini juga memiliki manfaat untuk merendagkan kadar kolesterol pada darah. Hal itu di karenakan buah cempedak memiliki kandungan vitamin C, kandungan vitamin C tersebut dapat mengusir kolesterol jahat agar tidak mengalir di dalam darah dan membentuk kolesterol baik untuk mengalir secara lencar. Kolesterol jahat ini banyak menimbulan penyakit seperti sakit jantung.

  • Buah cempedak dapat meredakan serangan penyakit tumor

Telah banyak para ahli kesehatan yang mengatakan kalau buah cempedak ini mampu membantu mengobatai penyakit tumor. akan tetapi sampai saat ini belum ada hal yang pasti akan pernyataa tersebut. Buah cempedak memiliki kandungan seperti Bioflavanoid, kemungkinan besar kandungan yang di miliki buah cempedak ini dapat membantu untuk meredakan penyakit tumor.

  • Buah cempedak dapat meradakan penyakit malaria

Kandungan bioflavanoid dan kandungan enzim  yang terkandung di dalam buah cempedak ini juga di katakan dapat membantu menyembuhkan seseoran orang yang sedang menderita penyakit malaria. Bagi penderita malaria konsumsilah buah cempedak secara langsung tidak dengan cara di olah.

  • Buah cempedak dapat mengusir parasit 

Di dalam tubuh manusia terdapat banyak parasit yang dapat mengganggu kinerja organ tubuh kita. selain mengganggu kinerja organ tubuh kita, parasit-parasit tersebut dapat menimbulkan beberpa penyakit yang tidak terduga. Buah cempedak ini termasuk salah satu buah yang dapat mengusir parasit-parasit yang tidak di butuhkan oleh tubuh kita.

  • Buah cempedak dapat menjaga kesehatan pencernaan

Buah cempedak ini juga dapat membantu kita dalam menjaga kesehatan pencernaan, agar pencernaan kita dapat berjalan dengan lancar. Hal ini di karenakan buah cempedak memiliki kandungan vitamin C, kandungan vitamin C tersebut dapat membantu kita menjaga kesehatan pencernaan agar terhindar dari penyakit sembelit dan susah buang air besar.

  • Buah cempedak memberi asupan air

Buah cempedak ini termasuk salah satu buah yang tidak dapat tumbuh pada daerah yang bukan daerah tropis, hal ini di karenakan buah ini membutuhkan sangat banyak asupan air untuk tumbuh. Karena pohon buah cempedak ini membutuhkan banyak asupan air saat tumbuh, buah cempedak juga memiliki banyak kandungan air di dlam nya. dan jika kita mengonsumsi buah cempedak, maka buah cempedak ini mampu membatu memberikan asupan air di dalam tubuh kita.

  • Buah cempedak dapat menjaga daya tahan tubuh

Dengan kandungan Bioflavanoid yang di miliki oleh buah cempedak ini, menjadikan buah cempedak salah satu buah yang dapat menjaga daya tahan tubuh kita. Kandungan bioflavanoid yang di miliki oleh buah cempedak ini dapat menghindarkan tubuh kita dari radikal bebas yang dapat mengambil sel-sel sehat dari dalam tubuh kita. Hal itulah yang membuat tubuhkita tetap terjaga daya tahan tubuh nya.

  • Buah cempedak dapat mencegah resiko stroke

Penyakit stroke ini menjadi salah satu penyakit yang sebagian besar di derita oleh seseorang yang telah lanjut usia. Akan tetapi tidak sedikit pula mereka yang masih berusia muda yang terserang penyakit stroke ini, bahakan anak-anak juga. Buah cempedak juga memilki manfaat dalam menjaga diri kita agar tehindar dari serangan stroke.

Nah itulah beberapa manfaat buah cempedak bagi kesehatan tubuh kita, buah cempedak ini memang termasuk buah yang sulit di cari di pasar-pasar buah. Hal ini di karenakan buah cempedak ini salah satu buah yang musiman.

DI balik manfaat buah cempedak yang telah di sebutkan di atas, buah cempedak juga memiliki efeksamping bagi tubuh kita. hal ini karenakan oleh kandungan Ascobik Acid yang di miliki oleh buah cempedak ini, kandungan tersebut jika di konsumsi secara berlebihan dapat membuat gas di dalam lambung. Jadi di sarankan untuk tidak mengonsumsi buah cempedak secara berlebihan.

Sekian artikel ini yang membahas manfaat buah cempedak bagi kesehatan tubuh kita, saya ucapkan terimakasih karna telah berkunjung di blog rumah sehat ini.