7 MANFAAT SAYUR KANGKUNG BAGI KESEHATAN TUBUH

MANFAAT SAYUR KANGKUNG BAGI KESEHATAN TUBUH

Sayur kangkung adalah salah satu sayur yang sangat populer di indonesia, siapa yang tidak tahu dengan sayur kangkung? semua masyarakat indonesia pasti mengenal sayur kangkung ini. Akan tetapi, belim tentu semua orang mengenal akan manfaat sayur kangkung ini bagi kesehatan tubuh manusia. Ada beberapa macam manfaat sayur kangkung ini bagi kesehatan tubuh, manfaat sayur kangkung seperti menjaga kesehatan mata, mencegah terjadinya diabetes, dan sayur kangkung juga dapat melawan penyakit hati (liver).

Sayur kangkung ini memiliki beberapa kandunga yang baik bagi kesehatan tubuh seperti kandungan vitamin C dan vitamin A yang tergolong sangat tinggi. bahkan dalam secangkir sayur kangkung yang sudah di siangi kira-kira 56 gram, dengan mengonsumsi sayur kangkung secara rutin kita dapat memenuhi kebuhan vitamin A sebesar 70%, dan juga dapat menemukan kandungan vitamin C sebesar 51%.

Tidak hanya it saja, sayur kangkung ini juga memiliki kandungan yang kaya akan bebagai mineral seperti kalium, magnesium, zat besi, serta zat fosfor.

Walaupun sayur kangkung ini memiliki banyak kandungan nutrisi yang penting bagi kesehatan tubuh kita, akan tetapi, sayur kangkung ini memiliki kandungan kalori yang rendah. sebelum dimasak, secangkir sayur kangkung hanya memiliki kandungan 11 kalori.

Kali ini saya akan menyebutkan beberapa manfaat sayur kangkung bagi kesehatan tubuh kita di antara lain nya sebagai berikut :

1. Sayur kangkung meiliki manfaat menjaga kesehatan mata. Hal tersebut di karenakan sayur kangkung memiliki kandungan vitamin A yang tergolong tinggi, Vitamin A ini berfungsi untuk melindungi kornea dan lapisan mata dari serangan infeksi dan virus yang dapat mengakibatkan gangguan pada mata. Kandungan yang terdapat di dalam sayur kangkung ini juga mampu menghasilkan cairan sehingga mata kita tidak kering.

2. Sayur kangkung sebagai antiradang. sayur kangkung ini salah satu sayur yang berperan sebagai anti radang. Sebuah penelitian dalam Reserch Journal of Pharmaceutical, Biological and Chemical Sciences tahun 2010 mengatakan bahwa sayur kangkung ini memiliki manfaat sebagai antiradang yang sangat ampuh. peradangan ini di tandai dengan ada nya gejala sperti nyeri dan pembengkakan pada organ tubuh. dalam penelitian tersebut, sayur kngkung di katakan ampuh untuk melawan peradangan yang di sebabkan oleh infeksi bakteri Staphylococcus aureus dan Bacillus subtilis. Bakteri-bakteri tersebut dapat mengakibatkan beberapa penyakit seperti penyakit MRSA, bintitan, dan juga keracunan makanan.

3. Sayur kangkung ini dapat mencegah terjadinya diabetes. Sayur kangkung ini menjadi salah satu sayur yang dapat mencegah terjadi nya diabetes, pada tahun 2013 para penelitian menemukan beberpa khasiat jika kita mengonsumsi sayur kangkung secara rutin terutama mencegah terjadinya diabetes pada ibu yang sedang hamil dan juga janin yang sedang di kandung nya. Penelitian dalam Journal of Diabetes ini mengatakan bahwa sayur kangkung ini memiliki kandungan antioksidan, kandungan antioksidan tersebut dapat menangkal oksidasi yang dapat menyebabkan terjadinya penyakit diabetes yang terdapat pada sel-sel tubuh ibu hamil dan pada janin nya.

4. Syur kangkung ini dapat melawan penyakit hati seperti liver. Sejak jaman dulu, sayur kangkung ini di katakan sebagai salah satu sayur yang mujarap untuk mencegah penyakit hati seperti liver, baru-baru ini penelitian dalam jurnal Molecules juga berhasil membuktikan akan manfaat yang di miliki oleh sayur kangkung untuk melawan penyakit hati seperti liver. Sayur kangkung ini dapat melindungi organ hati kita dari kerusakan, luka, dan juga peradangan. Menurut para ahli, hall ini terjadi karena sayur kangkung dapat memicu produksi enzim yang akan membersihkan (detoksifikasi) hati dari racun dan zat sisa yang dapat menyebabkan kerusakan.

5. Sayur kangkung ini dapat mencegah terjadi nya dehidrasi. Sayur kangkung ini kandungan berbagai jenis mineral yang tinggi, kandungan-kandungan tersebut yang membuat sayur kangkung ini baik untuk mencegah terjadinya dehidrasi. Pasalnya, kandungan mineral yang di miliki sayur kangkun ini seperti kalium dan natrium sangat bertanggung jawab untuk menjaga keseimbangan cairan dan kadar elektrolit dalam tubuh manusia. Maka dari itu lah, sayur kangkung bisa mencegah kita kehilangan terlalu banyak cairan.

6. Sayur kangkung ini juga dapat mengatasi penyakit anemia. Selain berguna untuk menjaga cairan dalam tubuh, mineral yang terdapat di dalam sayur kangkung juga dapat membantu mengatasi gejala anemia. ini lantaran kangkung memiliki kandungan zat besi dan fosfor. Kandungan zat besi ini sendiri sangat ampuh untuk meningkakan produksi sel darah merah (hemoglobin). sel darah merah sangat diperlukan untuk mengangkut oksigen ke seluruh sel dan organ tubuh kita, misalnya jantung dan otak.

7. Sayur kangkung juga dapat mengurangi resiko penyakit kronis. Khasiat sayur kangku ini sangat sayang sekali jika kita lewatkan seperti resiko mengurangi penyakit kronis. Sayur kangkung ini juga dapat mencegah penyakit lain yang di sebabkan oleh lemahnya sistem kekebalan tubuh anda. Hal ini di karenakan sayur kangkung memiliki kandungn vitamin C yang tinggi, kandungan tersebut mampu meningkatkan kekebalan tubuh kita sekaligus melawan kerusakan sel. Baik itu karena penyakit kronis seperti penyakit jantung dan stroke atau karena infeksi virus dan bakteri.

Nah itu lah beberapa manfaat kangkung bagi kesehatan tubuh kita, jika mengonsumsi sayur kangkung secara rutin kita akan dapat menikmati manfaat sayur tersebut.

Sekian artikel saya yang membahas manfaat sayur kangkung bagi kesehatn tubuh, saya ucapkan terimakasih karena telah berkunjung di blog rumah sehat ini.