7 MANFAAT BUAH TOMAT BAGI KESEHATAN TUBUH

MANFAAT BUAH TOMAT BAGI KESEHATAN TUBUH

Siapa yang tidak mengebal buah tomat ini, semua pasti nya sudah mengenal buah ini. Buah tomat ini memiliki bentuk yangbulat dan memiliki warna yang merah, Buah ini tomat ini sering di sangka akan sayur-sayuran, akan tetapi buah tomat ini tergplong ke dalam buah-buahan. Buah tomat ini juga memiliki beberapa manfaat bagi kesehatan tubuh manusia.

Buah tomat ini memiliki kandungan anti oksidan alami, kandungan tersebut bernama likopen. Zat ini dapat membantu memerangi efek radikal bebas yang dapat menyebabkan kanker. tak hanya likopen saja, masih ada zat antioksidan lain nya yang terdapat di dalam buah tomat seperti polifenol, narigenin, dan chlorogenic acid. selain itu, buah tomat juga buah yang rendah akan kalori dan lemak, akan tetapi kaya akan kandungan karotenoid, lutein, gula, vitamin A, vitamin C, folat, dan kalium. jadi tidak heran lagi jika manfaat buah tomat juga melimpah ruah.

Berikut ini saya akan menyebutkan beberapa manfaat buah tomat bagi kesehatan tubuh manusia, antara lai sebagai berikut :

  • MENCEGAH KANKER

Buah tomat ini memiliki kandungan antioksidan seperti likopen, karotenoid, dan polifenol. kandungan-kandungan tersebutlah yang membuat buah tomat menjadi salah satu buah yang dapat membantu untuk mencegah terjadi nya kerusakan DNA di dalam sel yang di akibatkan oleh radikal bebas yang dapat menyebabkan tumbuh nya sel-sel kanker. karena hal itulah, buah tomat ini di percaya dapat mencegah kanker yang berbahaya seperti kanker prostat, kanker kolorektal, lambung, mulut, paru-paru, payudara, dan kanker kandung kemih. Akan tetapi hal tersebut masih membutuhkan penelitian yang lebih lanjut lagi.

  • BUAH TOMAT DAPAT MENURUNKAN TEKANAN DARAH TINGGI

Buah tomat juga memiliki kandungan kalium, dalam meningkatkan asupan kalium, dan menurunkan natrium (garam) hal itu sangatlah penting untuk menurunkan tekanan darah. Para penderita tekanan darah tinggi dapat mengatasi nya dengan cara mengonsumsi buah tomat sebagai asupan kalium, dan mengurangi asupan garam, para penelitian menunjukkan bahwa pola makan tersebut dapat menurunkan tekanan darah tinggi.

  • BUAH TOMAT DAPAT MENJAGA KESEHATAN JANTUNG DAN PEMBULUH DARAH

Buah tomat ini sering di kaitkan dengan kesehatan jantung dan dapat menurunkan faktor terkenanya penyakit jantung. Hal ini di sebabkan karena buah tomat memiliki kandungan kalium dan likopen. kandungan-kandungan tersebut dapat bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol buruk atau LDL dan dapat membantu menjaga kestabilan irama jantung. Nutrisi yang terkandung di dalam buah tomat ini juga terbukti dapat mengurangi peradangan yang terkait dengan resiko penyakit jantung, serangan jantung, dan stroke, terutama kepada seseorang yang obesitas.

  • MEMELIHARA KESEHATAN MATA

Buah tomat ini memiliki kandungan nutrisi penting yang berperan untuk melindungi kesehatan mata. Hal tersebut di karenakan buah tomat memiliki kandungan antioksidan lutein, zeaxanthin, dan karotenoid dapat membantu kita untuk mengurangi gejala mata lelah dan juga resiko terkena penyakit mata yang terkait dengan penuaan.

  • BUAH TOMAT INI BAIK UNTUK PENDERITA DIABETES

Buah tomat ini menjadi salah satu buah yang menjadi sumber akan serat yang baik bagi tubuh manusia. buah tomat juga rendah akan kandungan lemak dan gula. Manfaat buah tomat dari kandungan nutrisinya yang sangat melimpah dan menjadi salah satu makanan dengan indeks gilkemik rendah, maka tidah salah jika buah tomat ini menjadi salah satu buah yang baik bagi penderita diabetes.

  • BUAH TOMAT DAPAT MENCEGAH DEPRESI

Buah tomat ini memiliki manfaat yang di sebabkan karena kandungan nutrisi nya juga berperan penting dalam mengurangi terjadi nya depresi. Sebuah penelitian mengatakan bahwa para lansia jika mengonsumsi buah tomat secara rutin akan lebih jarang mengalami depresi. Akan tetapi manfaat ini perlu di teliti lebih lanjut lagi.

  • BUAH TOMAT DAPAT MENCEGAH TERJADINYA SEMBELIT

Buah tomat ini memiliki kandungan air dan serat yang tinggi, hal tersebutlah yang membuat buah tomat menjadi salah satu buah yang dapat mencegah terjadinya sembelit. Buah tomat juga dapat melancarkan buang air besar, dan mencegah terjadi nya dehidrasi.

Nah itulah beberapa manfaat buah tomat yang baik bagi kesehatan tubuh kita, jika kita sering mengkonsumsi buah tomat ini kita akan mendapatkan manfaat tersebut. jadi mulailah dari sekarang untuk mengkonsumsi buah tomat.

Sekian artikel dari saya yang membahas tentang manfaat buah tomat bagi kesehatan tubuh, saya ucapkan terimakasih karena sudah berkunjung di blog rumah sehat ini.