7 MANFAAT BUAH KESEMEK BAGI KESEHATAN TUBUH

MANFAAT BUAH KESEMEK BAGI KESEHATAN TUBUH

Sebagian besar masyarakat pasti mengenal buah kesemek ini, buah yang berwarna orange kecoklatan ini memiliki nama ilmiah Diospyros kaki. Buah ini sangat populer, dan sangat banyak di budidayakan di daerah jepang. Buah kesemek ini dapat di nikmati dalam keadaan segar, kering, atau juga di masak. untuk mendapatkan rasa yang manis dan lembut, kita harus membiarkan terlebih dahulu buah kesemek agar benar-benar matang dengan sempurna sebelum kita mengkonsumsi nya.

Semua orang tahu buah kesemek, akan tetapi belum tentu semua orang mengetahui akan manfaat buah kesemek bagi kesehatan tubuh manusia. Buah kesemek ini memiliki kandungan nutrisi yang sangat baik untuk kesehatan tubuh.

Kali ini saya akan memberikan beberapa manfaat buah kesemek bagi kesehatan tubuh kita, di antara nya sebagai berikut :

1. Buah kesemek menjadi sumber phytochemicals. Karna kandungan tersebutlah yang menjadikan buah kesemek sebagai salah satu buah yang mampu mencegah inflamasi dan infeksi berbahaya. Kandungan phytochemicals memiliki fungsi sebagai anti-inflamasi dan anti-infeksi yang baik.

2. Buah kesemek ini mampu menyehatkan sistem pencernaan. Buah kesemek ini memiliki kandungan serat yang tinggi, sama seperti buah-buahan lain yang memiliki kandungan serat tinggi pasti baik untuk kesehatan sistem pencernaan. Begitu pula dengan buah kesemek ini, buah kesemek ini salah satu buah yang memiliki kandungan serat yang cukup tinggi sekitar 3,6 gram, sehingga menjadikan buah kesemek sebagai salah satu buah yang dapat menyehatkan sistem pencernaan manusia. Tidak hanya itu saja, buah kesemek ini juga memiliki kandungan tanin, yang mampu mengatasi penyakit diare.

3. Buah kesemek ini baik untuk penderita diabetes. para penderita diabetes akan merasa lebih cepat lapar, Buah kesemek ini dapat di jadikan alternatif kudapan untuk menunda rasa lapar. Hal tersebut di karenakan buah kesemek ini memiliki kandungan serat yang cukup tinggi dan buah kesemek ini juga di percaya dapat mengontrol kadar gula darah dalam tubuh.

4. Buah kesemek ini bagus untuk para penderita hipertensi. jika kitasering mengkonsumsi makanan yang memiliki kandungan sodium yang tinggi, hal tersebut dapat memicu tumbuhnya hipertensi atau darah tinggi. Buah kesemek ini memiliki kandungan sodium yang terbilang rendah, kandungan sodium yang di miliki buah kesemek ini sekitar 1 mg atau 0% sodium yang terdapat di dalam buah kesemek.

5. Buah kesemek juga mampu menjaga daya tahan tubuh. Buah kesemek ini menjadi salah satu buah yang memiliki kandungan vitamin C yang sangat banyak dan terbilan baik. Kandungan vitamin C yang di miliki oleh buah kesemek ini sekitar 7,5 mg. apabila kita mengkonsumsi buah kesemek ini dengan teratur, maka buah kesemek akan membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

6. Buah kesemek ini dapat membantu melawan kanker. Buah kesemek ini memiliki kandungan antioksidan yang cukup tinggi, karena hal ini lah yang membuat buah kesemek ini menjadi salah satu buah yang dpat membantu menangkal radikal bebas yang dapat merusak sel-sel dan dapat memicu penyakit kanker. Tidak hanya itu saja, buah kesemek ini juga dapat melawan penyakit kanker karena mengandung vitamin A yang tinggi.

7. Buah kesemek ini dapat meningkatkan produksi sel darah merah. Para penderita penyakit anemia ini juga dapat menikmati manfaat buah kesemek ini, Hal tersubt di karenakan buah kesemek ini memiliki kandungan tembaga yang berfungsi untuk membantu penyerapan zat besi yang tepat, sehingga pada giliran nya dapat membantu dalam memproduksi sel darah merah.

Nah itulah beberpa manfaat buah kesemek bagi kesehatan tubuh kita, jika kita mengkonsumsi buah kesemek ini secara rutin, kita akan mendapatkan baik nya manfaat buah kesemek ini.

Sekian artikel ini yang membahas tentang manfaat buah kesemek bagi kesehatan tubuh, saya ucapkan terimakasih atas kunjungan nya di blog rumah sehat ini.