7 MANFAAT BUAH CERMAI BAGI KESEHATAN TUBUH

MANFAAT BUAH CERMAI BAGI KESEHATAN TUBUH

Buah cermai ini memiliki rasa yang sangat asam jika kita makan, rasa asam itu di karenakan buah cermai ini memiliki kandungan vitamin C yang sangat tinggi. Nama latin dari buah cermai adalah Phyllanthus Acidos, Buah cermai ini salah satu buah yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh manusia, tidak hanya untuk kesehatan, buah cermai ini juga memiliki manfaat untuk kecantikan. Biasa nya orang mengonsumsi buah ini tidak secara langsung, melainkan di olah terlebih dahulu, basa nya buah ini di olah menjadi manisan bisa juga untuk di jadikan campuran makanan. Kandungan gizi yang di miliki oleh buah cermai ini tergolong sangat tinggi sehingga dapat memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh kita. Tida hanya buahnya saja yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh kita, akan tetapi daun dari tanaman buah cermai ini juga bermanfaat bagi kesehatan.

Berikut ini saya akan memberikan beberapa manfaat buah cermai bagi kesehatan tubuh kita, di antara lain sebagai berikut :

1. Buah cermai dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Buah cermai ini berwarna hijau dan memiliki rasa yang sangat asam bila di makan secara langsung. Buah ini sering di jadikan sebagai manisan, Tahukah anda, buah cermai ini memiliki kandungan vitamin C yang tinggi, Tidak hanya vitamin C saja, buah cermai ini memiliki kandungan yang antioksidan yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita, sehingga tubuh kita tidak mudah terkena serangan penyakit.

2. Buah cermai cocok untuk mengatasi sembelit. Buah cermai ini juga memiliki kandungan serat, sehingga buah cermai ini dapat melancarkan sistem pencernaan kita. Buah cermai ini dapat mengatasi susah buah air besar, penyakit sembelit ini merupakan salah satu gangguan yang terjadi pada sistem pencernaan, hal ini terjadi karena kurang nya mengonsumsi makanan yang memiliki kandungan serat yang dapat membuat pencernaan kita menjadi lebih sehat.

3. Buah cermai dapat membantu mengatasi asma. Buah cermai memiliki kandungan gizi yang sangat banyak dan dapat menyehatkan tubuh, termasuk juga biji buah cermai, biji buah cermai ini juga memiliki manfaat utuk mengatasi seseorang yang sedang menderita penyakit asma. Dalam pengobatan herbal, biji dari buah cermai ini dapat meringankan pernafasan kita, terutama bagi seseorang yang menderita gangguan asma. Hal tersebut dapat di lakukan dengan mengambil biji buah cermai sebanya 10 biji, kemudian rebuslah biji tersebut menggunakan air 2 gelas jika telah mendidih, biarkan saja sampai air berkurang menjadi 1 gelas kemudian tambahkan gula aren secukupnya. konsumsi jamu buah cermai ini pagi dan sore samapi asma menjadi reda dan pernafasan pun ringan.

4. Buah cermai ini dapat membantu mencegah pertumbuhan sel kanker dalam tubuh. Buah cermai ini memiliki kandungan antioksidan yang cukup untuk menangkal radikal bebas yang dapat menyebabkan tumbuh nya sel-sel kanker dalam tubuh, karena kandungan antioksidan yang di miliki oleh buah cermai ini lah yang menjadikan buah cermai sebagai salah satu buah yang dapat membantu mencegah pertumbuhan sel kanker. Radikal bebas yang telah masuk kedalam tubuh kita bisa sangat berbahaya, hal itu di karenakan radikalbebas ini bisa berupa polusi udara dari asap kendaraa, asap pabrik, debu da asap rokok, dan makanan-makanan yang tidak sehat yang memiliki racun yang dapat merusak kesehatan tubuh kita. Jika racun-racun ini menumpuk di dalam tubuh kita, racun tersebut akan dapat menyebabkan pertumbuhan sel kanker. Maka dari itu, kita harus mengonsumsi buah cermai secara rutin, karena kandungan antioksidan yang di miliki nya dapat membantu untuk mencegah terjadinya kanker.

5. Buah cermai ini juga dapat mengatasi infeksi. Bagi seseorang yang sedang menderita sariawan sangat bagus untuk mengkonsumsi buah cermai ini, karena buah ini memiliki kandungan vitamin C yang tinggi, sehingga buah cermai ini dapat melawan infeksi dari bakteri atau virus dalam tubuh. Buah cermai ini juga memiliki kandungan antibakteri yang dapat membunuh kuman, mikroba, dan jamur yang menyerang tubuh kita.

6. Buah cermai dapat memperlancarkan air seni, Hal tersebut di karenakan buah cermai ini dapat bekerja sebagai elemen diuretik yang dapat mendorong tubuh menarik banyak cairan sehingga dapat menghasilkan seni yang lebih banyak lagi. Endapan-endapan yang terdapat di dalam ginjal dapat keluar melalui air seni, sehingga ginjal kita akan lebih lancar. Mengkonsumsi buah cermai bertujuan untuk menghasilkan air seni yang lebih banyak lagi, sebaik nya buah cermai ini di konsumsi secara langsung, jika terasa asam, kita dapat mencolekkan buah cermai ini dengan sedikit gula pasir.

7. Buah cermai ini juga dapat mencegah terjadinya serangan jantung. Buah cermai ini juga memiliki manfaat yang dapat mencegah terjadinya serangam jantung, hal tersebut di karenakan buah cermai ini memiliki kandungan protei yang tinggi sehingga dapat untuk menguatkan otot-otot pada jantung kita dan membuat sirkulasi jantung kita akan menjadi lebih lancar.

Nah itu lah beberapa manfaat buah cermai bagi kesehatan tubuh kita, tidak di sangka bukan? buah yang kecil dan asam rasa nya ini ternyata memiliki manfaat yang sangat menakjubkan. Akan tetapi, bagi para penderita penyakit magh, jangan banyak mengkonsumsi buah cermai ini.

Sekian artikel ini yang membahas menfaat buah cermai bagi kesehatan tubuh kita, saya ucapkan terimakasih karena telah berkunjung di blog rumah sehat ini.