7 MANFAAT BENGKUANG BAGI TUBUH

MANFAAT BENGKUANG BAGI TUBUH

Semua pasti sudah mengena buah bengkuang ini, buah bengkuang ini memiliki daging buah yang berwarna putih, dan renyah jika di kunyah. Sudah banyak yang mengetahui jika buah bengkuang ini memiliki manfaat untuk memutihkan kulit, padahal, manfaat bengkuang ini tidak hanya untuk memutihkan kulit saja, akan tetapi bengkuang ini juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh kita.

Berikut ini saya akan menyebutkan beberapa manfaat buah bengkuang bagi kesehatan tubuh, anatara lain sebagai berikut :

1. Bengkuang dapat melancarkan sistem pencernaan. Buah bengkuang ini memiliki kandungan karbohidrat, kandungan karbohidrat tersebut sangat bermanfaat bagi kesehatan flora dan usus yang memiliki tugas untuk melancarkan proses pencernaan. Bengkuang juga memiliki kadar air yang tinggi, kandungan kadar air yang di miliki oleh bengkuang ini juga berperan untuk memprcepat proses pencernaan di dalam tubuh kita.

2. Bengkuang dapat mengontrol kadar gula di dalam tubuh. Bengkuang ini merupakan salah satu jenis umbi-umbian, yang memiliki manfaat sebagai peluruh dan pencahar. dengan dua fungsi yang di miliki bengkuang ini, membuat bengkuang mampu meminimalkan penyerapan makanan yang berlebihan di dalam usus. khususnya untuk gula yang mampu meningkatkan kadar gula dara dalam tubuh.

3. Bengkuang sebagai sumber vitamin C. Bengkuang ini juga memiliki kandungan vitamin C, meskipun bengkuang ini tidak memiliki rasa yang asam, seperti buah-buahan lain nya yang memiliki kandungan vitamin C. Akan tetapi kandungan vitamin C yang di miliki oleh bengkuang ini termasuk tinggi. Dalam takaran 100 gram bengkuang terdapat 20 mg vitamin C.

4. bengkuang kaya akan kandungan isoflavon. Pada umum nya kandungan isoflavon ini biasa nya di temukan pada kacang-kacangan, akan tetapi kandungan tersebut dapat di temukan juga pada bengkuang. Kandungan isoflavon yang di temukan di dalam bengkuang ini sangat tinggi, hal tersebut menjadikan bengkuang salah satu buah yang dapat di jadikan sebagai sumber isoflavon alternatif jika kita tidak menyukai makanan yang berasal dari kacang-kacangan.

5. Bengkuang dapat membantu mencegah kanker. Bengkuang juga memiliki kandungan antioksidan, kandungan tersebut memiliki manfaat bagi tubuh dalam berbagai cara. penelitian terhadap bengkuang menemukan bahwa antioksidan yang terdapat di dalam kandungan bengkuang mungkin menjadi kunci untuk melawan radikal bebas yang dapat menyebabkan pertumbuhan sel-sel kanker dalam tubuh.

6. Bengkoang juga sebagai obat demam. Bengkuang ini dapat mendinginkan dan juga dapat di gunakan untuk menurunkan demam karena bengkuang ini memiliki sifat kimiawi.

7. Bengkuang dapat menurunkan kadar kolesterol darah. Jika anda salah satu orang yang sedang menderita kolesterol darah tinggi, salah satu cara untuk menurunkan nya yaitu mengatur makanan dengan baik dan benar. dapat juga di bantu dengan terapi jus bengkuang, jus bengkuang dapat di lakukan untuk menurunkan kolesterol dalam darah. Hal tersebut di karenakan bengkuang memiliki kandungan air dan serat, kandungan-kandungan tersebut dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Tidak hanya itu saja, kandungan vitamin C dalam bengkuang yang berperan sebagai antioksidan juga dapat membantu dalam proses menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

Nah itulah beberapa manfaat buah bengkuang bagi kesehatan tubuh kita, jika kita mengkonsumsi buah bengkuang secara rutin, otomatis kita akan mendapakan semua manfaat-manfaattersebut. Tidak hanya itu saja, bengkuang juga dapat memutihkan kulit.

Sekian artike yang membahas manfaat buah bengkuang bagi tubuh, saya ucapkan terimakasih karena sudah berkunjung blog rumah sehat ini.