7 MANFAAT BAYAM UNTUK KESEHATAN

MANFAAT BAYAM UNTUK KESEHATAN

Kita semua pasti sudah mengenal tentang sayur bayam ini, sayur ini sangat nikmat sekali untuk di jadikan olahan untuk kita santap, tahukah anda, sayur bayam ini tidak hanya nikmat untuk di santap, akan tetapi sayur bayam ini juga memiliki kandungan yang sangat baik bagi kesehatan tubuh kita. Sayur bayam ini juga rendah akan kalori, dan kaya akan kandungan serat.

Sayur bayam ini berasal dari Asia, sayur bayam merupakan salah satu sayur yang memiliki banyak kandungan nutrisi termasuk vitamin dan mineral. Kandungan-kandungan tersebut merupakan kandungan yang sangat baik bagi kesehatan tubuh kita. Kandungan vitamin yang paling banyak di temukan di sayur bayam adalah vitamin A, vitamin C, vitamin B kompleks, vitamin K, dan vitamin E. Tidak hanya kandungan vitamin saja yang di miliki sayur bayam ini, sayur bayam ini juga memiliki banyak kandungan mineral, mineral-mineral utama yang terdapat di dalam sayur bayam ini adalah magnesium, zat besi, asam folat, kalsium, potasium, dan juga sodium. Syur bayam ini juga memiliki banyak kandungan serat dan juga antioksidan dan juga memiliki kandungan kalori dan lemak yang sangat rendah.

Jika kita mengkonsumsi sayuran bayam ini secara rutin, tubuh kita akan terasa lebih sehat, berikut ini saya akan menjelaskan manfaat sayur bayam bagi kesehatan tubuh, antara lain sebagai berikut :

1. Sayur bayam dapat mengurangi radang. Sayur bayam ini adala salah satu sayuran yang dapat mengurangi radang, hal tersebut di akibatkan karena sayubayam mamiliki kandungan antioksidan yang sangat tinggi. kandungan antioksidan yang terdapat di dalam sayur bayam tersebut dapat membantu tubuh kita dalam melawan radikal bebas yang dapat menyebabkan peradagan. Pada beberapa penyakit seperti rheumatoid, arthritis, atau rematik peradangan merupakan penyebab munculnya rasa nyeri pada sendi-sendi kita.

2. Sayur bayam dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Sayur bayam adalah salah satu sayuran yang kaya akan kandungan vitamin A, C, dan folat yang terdapat di dalam nya. tidak hanya itu sayur bayam ini juga memiliki kandungan magnesium, kandungan-kandungan tersebut dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita.

3. Sayur bayam dapat mencegah anemia. Sayur bayam ini juga menjadi salah satu sayuran yang menjadi sumber asupan zat besi yang sangat baik. Akan tetapi, sayur bayam ini juga memiliki kandungan oksalat, kandungan oksalat itu dapat menghambat penyerapan zat besi ketika kita mengkonsumsi nya. Untuk mengatasi hal tersebut, kita dapat mengkonsumsi vitamin C yan dapat membantu tubuh untuk menyerap zat besi.

4. Sayur bayam juga dapat menjaga mata kita akan tetap sehat. kandungan karotenoid yang terdapat pada sayur bayam ini seperti beta koroten, lutein, dan zeaxanthin. kandungan-kandungan tersebut mampu melindungi mata kita, agar terhindar dari penyakit penglihatan yang terkait akan usia, penyakit-penykit tersebut seperti rabun senja dan juga degenerasi makula.

5. Sayur bayam dapat menurunkan resiko akan penyakit kardiovaskular. Kandungan serat tinggi dan mineral yang di miliki oleh sayur bayam ini dapat menurunkan resiko terkena penyakit kardiovaskular. Kandungan-kandungan tersebut dapat menurunkan tekanan darah dan juga mencegah pembentukan plak di pembuluh darah.

6. Sayur bayam dapat mengurangi resiko terkena kanker. Syur bayam ini juga memiliki beberapa kandungan seperti lutein, karotenoid, dan zeaxanthin yang tergolong sangat tinggi. Kandungan-kandungan tersebut dapat menghilangkan radikal bebas yang terdapat di dalam tubuh. jika kita mengkonsumsi sayur bayam secara rutin, kita akan meminimalkan resiko tumbuhnya berbagai jenis sel kanker dalam tubuh.

7. Sayur bayam ini juga dapat menjaga kesehatan kulit. Sayur bayam ini adalah salah satu sayuran yang memiliki kandungan antioksidan yang tinggi, kandungan tersebutlah yang membuat sayur bayam ini salah satu sayuran yang sangat baik bagi kesehatan kulit kita.

Nah itulah beberapa manfaat sayur bayam bagi kesehatan tubuh kita, ada satu hal yang harus kita ingat, bahwa mengkonsumsi sayur bayam saja tidak cukup untuk menangkal semua penyakit yang saya sebutkan di atas. menjaga jesehatan tubuh tidak hanya dengan menjaga pola makan kita atau dengan mengkonsumsi satu jenis makanan saja, akan tetapi juga sangat di perlukan rutin berolahraga, tidur yang cukup, dan juga mengurangi pikiran stres.

Sekian artikel ini yang membahas manfaat sayur bayam bagi kesehatan tubuh, saya ucapkan terimakasih karena sudah berkunjung di blog rumah sehat ini.