6 MANFAAT KUBIS UNTUK KESEHATAN

MANFAAT KUBIS UNTUK KESEHATAN

Kita semua pasti sudah mengenal kubis, hal tersebut di karenakan kubis adakah salah satu sayur yang akrab dengan masyarakat indonesia, kubis ini sering di gunakan untuk di jadikan sayur, atupun lalapan untuk menemani ayam atau ikan bakar sebgai lauk, kubis ini juga sering di jadikan untuk sayur seperti sayur bening, sop, dan lain-lain.

Meskipun kita semua sudah mengenal sayur kubis ini, akan tetapi belum tentu kita semua mengetahui manfaat sayur kubis untuk kesehata tubuh kita. Sayur kubus ini adalah salah satu sayur yang memiliki manfaat bagi kesehtan tubuh kita, sayur ini memiliki warna putih, dan memiliki bentuk yang bulat seperti bola kaki.

Sayur kubis ini memiliki banyak kandungan nutrisi yang bagus untuk kesehatan tubuh kita, kandungan-kandungan tersebut seperti vitamin A, E, dan juga vitamin K tidak hanya itu saja, kubis juga memiliki kandungan seperti sulfur, beta koroten, potasium, magnesium, dan juga kalsium. kubis ini memiliki kandungan vitamin C yang lebih tinggi dari pada buah jeruk.

Kali ini saya akan menyebutkan beberapa manfaat sayur kubis bagi kesehatan tubuh kita, di antara lain sebagai berikut :

1. Kubis sebagai zat anti peradangan. Glutamine adalah salah satu komponen yang terdapat di dalam sayur kubis ini, gltamine menjadi salah satu asam amino yang sangat penting untuk menjaga kesehatan otot dan juga paru-paru. Glutamine juga adalah salah satu zat sebagai antiperadangan. Jika kita sering mengkonsumsi makanan yang memiliki banya kandungan glutamine akan membuat tubuh kita terhindar dari penyakit alergi, nyeri sendi, rasa sakit pada otot, deman dan juga masalah kulit. Tidak hanya itu saja, sayur kubis ini juga sangat bermanfaat bagi ibu yang baru melahirkan, hal tersebut di karenakan kubis dapat menurunkan rasa sakit pada payudara setelah proses melahirkan.

2. Kubis juga bermanfaat bagi tekanan darah. Sayur kubis ini memiliki kandungan potasium, kandungan potasium yang di miliki oleh kubis ini dapat membantu melonggarkan pembuluh darah dan melancarkan aliran darah. Hal ini akan sangat membantu dalam mengontrol tekanan darah, jikan tekanan darah kita dapat terkontrol dengan baik, maka kita akan terhindar dari serangan stroke dan juga serangan jantung.

3. Kubis juga bermanfaat untuk kesehata tulang. Sayur kubis ini juga memiliki kandungan mineral, kandungan miniral yang terdapat di dalam sayur kubis sangat penting untuk menjaga kesehatan tulang. Selain menjaga kesehatan tulang, kandungan mineral ini juga dapat mencegah terjadinya penyakit oteoporosis atau pelapukan tulang.

4. Kubis ini juga memiliki manfaat bagi fungsi otak. Syur kubis ini menjadi salah satu sayur yang baik untuk menjaga fungsi otak, hal tersebut di karenakan kubis ini memiliki kandungan vitamin K, vitamin K ini dapat melidungi terjadinya kerusakan syaraf dan juga dapat meningkatkan kesehatan otak kita. Hal ini penting untuk proses pembekuan darah da produksi tertentu dalam tubuh kita.
Denga cara melindungin kesehatan syaraf makan kandungan vitamin K akan mencegah terjadinya penyakit otak seperti demensia. Tidak hanya itu saja, di dalam kubis merah terdapat kandungan antioksida, kubismerah ini menjadi salah satu sayuran yang kaya akan kandungan antioksidan yang berfungsi untuk menurunkan resiko terjadinya penyakit kanker.

5. Kubis juga dapat mencegah penyakit kanker. Sayur kubis menjadi salah satu yang yang dapat mencegah tubuh nya sel kanker di dalam tubuh, hal tersebut di karenakan kubis memiliki kandungan antioksidan yang sangat tinggi. Kandungan antioksidan dalam kubis dapat mencegah radikal bebas dan juga kerusakan sistem internal. Kubis ini memiliki kandungan zat seperti lupeol, sinigrin, dan suforaphane zat tersebut di ketahui bahwa bermanfaat dalam mencegah terjadinya kanker. Penelitian dari Vanderbilt University juga menyatakan bahwa mengkonsumsi kubis secara rutin dapat melindungi wanita pada serangan kanker payudara.

6. Kubis bermanfaat untuk kesehatan mata. Sayur kubis ini memiliki manfaat untuk kesehatan mata, hal tersebut di karenakan sayur kubis memiliki banyak kandungan beta koroten yang penting untuk menjaga kesehatan mata dan juga dapat mencegah terjadiya katarak.

Nah itu beberapa manfaat sayur kubis untuk kesehatan tubuh kita, sangat menakjubkan bukan, sayur yang sering kita jumpai di pasar-pasar tradisional ini ternyata memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh kita, bahkan sayur kubis ini juga dapat menjadi salah satu alternatif untuk membantu kita dalam menjalankan program diet, hal tersebut di karenakan kubis memiliki kandungan serat dan kandungan kalori yang terdapat di dalam sayur kubis ini sangat rendah.

Sekian artikel kali ini yang membahas manfaat kubis untuk kesehatan tubuh kita, saya ucapkan terimakasih karena sudah berkunjung di blog rumah sehat ini, semoga artikel ini dapat menambah pengetahuan dalam menjaga kesehatan tubuh.