6 MANFAAT BUAH KELENGKENG BAGI KESEHATAN TUBUH

MANFAAT BUAH KELENGKENG BAGI KESEHATAN TUBUH

Kita semua pasti mengenal buah kelengkeng ini, buah yang berukuran kecil ini memiliki rasa yang nikmat dan manis. Buah kelengkeng ini memiliki daging yang berwarna putuh, biji yang hitam, dan aroma nya yang sangat menggugah selera untuk memakan nya. Buah ini juga sering di juluki sebagai saudara nya buah leci, hal ini di karenakan ukuran dan rasa nya mirip dengan buah leci. Perbedaan buah leci dan buah kelengkeng ini hanya terdapat pada warna dan tekstur kulit nya saja.  Buah kelengkeng ini memiliki tektur kulit yang halus dan memiliki warna kulit coklat.

Banyak yang sudah mengetahui buah kelengkeng ini, akan tetpai belum tentu mengetahui manfaat buah kelengkeng ini.

Berikut ini saya akan menyebutkan beberapa manfaat buah kelengkeng bagi kesehatan tubuh manusia di antara nya sebagai berikut :

1. Buah kelengkeng ini memiliki kandungan vitamin C yang tinggi. Kandungan vitamin C yang di miliki oleh buah kelengkeng ini sebanyak 84 miligram per 3,5 ons. Jumlah kandungan vitamin C yang tinggi ini mampu memenuhi 93 persen kebutuhan asupan vitamin C harian bagi kaum pria, dan lebih 100 persen kebutuhan vitamin C harian bagi kaum perempuan.

2. Buah kelengkeng juga dapat memperkuat tulang. Para wanita menopause yang kekurangan mineral seperti tembaga di dalam tubuh secara signifikan akan lebih mungkin mengalami serangan osteoporosis dengan bertambah nya usia mereka. orang dewasa harus memenuhi asupan akan kebutuhan tembaga sebanyak 900 mikrogram setiap hari nya. Oleh karena itu, di sarankan untuk prang dewasa agar mengonsumsi buah kelengkeng ini sebanyak 3,5 ons setiap hari yang mana mengandung 807 mikrogram mineral. jika orang dewasa mengonsumsi buah kelengkeng setiap hari maka amampu memenuhi kebutuhan tembaga di dalam tubuh hampir 90% dari angka kecukupan gizi per hari nya.

3. Buah kelengkeng juga mampu menjaga kesehatan mata. hal ini di karekan buah kelengkeng memiliki kandungan Riboflavin. Kandungan riboflavin ini adalah salah satu jenis vitamin pentimh yang merupakan salah satu bagian dari vitamin B kompleks. seseorang pria sangat memerlukan asupan 1,3 mg vitamin ini setiap hari nya. Sementara untu para kaum perempuan 1,1 mg. jika kita tidak mengonsumsi riboflavin dalam jumlah yang memadai maka dapat menyebabkan resiko gangguan mata, khususnya penyakit katarak.

4. Buah kelengke sebagai sumber energi. Meskipu buah kelengkeng tergolong dalam buah yang memiliki kandungan lemak dan kalori yang rendah, akan tetapi buah kelengkeng ini memiliki kandungan karbohidrat kompleks yang cukup banyak. Hal itu dapat memenuhi kebutuhan asupan karbohidrat di dalam tubuh, sehingga dapat meningkatkan stamina.

5. Buah kelengenkeng juga dapat menyembuhkan luka. Buah kelengkeng juga memiliki khasiat untuk menyembuhkan luka dengan cepat. Hal ini di karenakan buah kelengkeng memiliki kandungan polifenol yang dapat membantu tubuh untuk menangkal serangan radikal bebas yang ada di dalam tubuh dan mampu mencegah akan terjadinya kerusakan sel-sel yang terdapat di dalam tubuh kita.

6. Buah kelengkeng juga memiliki manfaat untuk mengurangi stres. Ternyata buah kelengkeng ni juga memiliki manfaat untuk mengurangi stres, hal ini disebabkan karena buah kelengkeng ini memiliki kandungan anti-deperesan. Karna kandungan itulah yang menjadikan buah kelengkeng ini menjadi salah satu buah yang dapat mengurangi stre.

Nah itulah beberapa manfaat buah kelengkeng bagi kesehatan tubuh kita, buah kecil akan tetapi memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh.

sekian artikel ini yang membahas manfaat buah kelengkeng bagi kesehatan tubuh kita, saya ucapkan terimakasih karna sudah berkunjung di blog rumah sehat ini.