4 MANFAAT KECAMBAH UNTUK KESEHATAN

MANFAAT KECAMBAH UNTUK KESEHATAN

Siapa yang tidak tahu dengan kecambah ini? kita semua pasti mengenal dengan kecambah ini, kecambah ini adakah salah satu sayuran yang sangat akrab dengan masyarakat, sayur kecambah ini di gemarikarena memiliki yang segar dan juga renyah.

Kecambah adalah tumbuhan yang muda, atau tumbuhan yang baru saja tumbuh dan kecambah ini biasa nya berasal dari biji-bijian seperti biji kacang hijau, gandum, kedelai dan lain sebagainya. Sayur kecambah ini banyak di manfaat oleh sebagian orang untuk mencapai tujuan tertentu, tujuan tersebut untuk kesehatan dan juga kecantikan. Hal tersebut di karenakan manfaat kecambah yang meningkat sekian persen di bandingkan dengan biji kacang asli nya yang sudah siap panen.

Dalam proses perkecambahan yang di lakukan ini, mengakitbakan beberapa perubahan biologis yang mengakibatkan timbulnya berbagai senyawa-senyawa baru. Tidak hanya itu saja, hal tersebut juga mengakibatkan terjadinya peningkatan kandungan gizi di dalam nya, seperti meningkatnya kadar kandungan protein sampai 19%, peningkatan kandungan protein dan juga vitamin, dan juga terjadi hidrolisis karbohidrat.

Dalam mengkonsumsi kecambah ini mengundang para pakar untuk beragumen, ada pakar yang mengatakan bahwa mengkonsumsi kecambah mentah dapat membuat kita mendapatakan nutrisi yang terdapat di dalam kecambah secara utuh, akan tetapi ada juga pakar yang mengatakan mengkonsumsi kecambah dengan cara di masak setengah matang, jika di konsumsi secara mentah, takut nya terdapat kandungan bakteri, dan jika di masak setengah matang, tidak akan merusak kandungan vitamin C di dalam kecambah tersebut.

Mengkonsumsi sayur kecambah secara rutin, kita akan mendapatkan beberpa manfaat untuk kesehatan tubuh kita. Kali ini saya akan menyebutkan beberapa manfaat kecambah untuk kesehatan tubuh kita antara lain sebagai berikut :

1. Kecambah dapat menyehatkan pencernaan. Kecambah ini menjadi salah satu sayuran yang dapat menyehatkan pencernaan, hal tersebut di karenakan kecambah ini memiliki kandungan serat yang sangat tinggi, kandungan serat tersebut akan sangat bermanfaat untuk kesehatan pencernaan kita, dan mempercepat sistem pencernaan sehingga BAB kita akan lebih lancar.

2. Kecambah dapat mengoptimalkan kesuburan. Kecambah ini juga memiliki manfaat untuk mengoptimalkan kesuburan, hal tersebut di karenakan kecambah memiliki kandungan vitamin E, vitamin E ini merupakan salah satu antioksidan yang mampu melindungi sel-sel dalam tubuh. kecambah ini memiliki kandungan vitamin E yang tinggi, hal tersebut akan sangat bermanfaat untuk melindungisel-sel dalam tubuh kita dari serangan berbagai radikal bebas. Dalam kasus ini, vitamin E ini akan melindungi sel telur dan sperma dari serangan radikal bebas.

3. Kecambah dapat mencegah terjadinya osteoporosis. Kecambah ini memiliki kandungan estrogen, estrogen ini adalah salah satu hormon yang di hasilkan oleh tubuh manusia secara alami, akan tetapi, kecambah ini juga memiliki kandungan estrogen yang cukup tinggi. Estrogen pada tumbuhan ini juga memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan tulang mausia dan dapat melindungi tulang kita dari serangan penyakit osteoperosis.

4. Kecambah ini juga menjadi alternatif untuk upaya pencegahan dari kanker kolon. Seperti yang sudah di sebutka di atas, bahwa kecambah ini memiliki kandungan serat yang sangat tinggi, mengonsumsi kecambah secara teratur dapat melancarkan pencernaan kita dan BAB menjadi semakin lancar maka kotoran akan terbuang secara rutin dan racun juga akan terbuang bersama nya. Kotoran-kotoran dan racun dalam sistem pencernaan jika tak terbuang dengan rutin akan mengakibat ka terjadinya kanker kolon (usus).

Nah itulah beberapa manfaat kecambah untuk kesehatan tubuh kita, sangat menakjubkan bukan? kecambah yang berukuran kecil ini teryata memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh kita. Kecambah juga dapat di manfaatkan dalam program diet karena kecambah memiliki kandungan lemak yang sangat rendah, dan kecambah juga sangat bermanfaat untuk kecantikan.

Sekian artikel ini yang membahas tentang manfaat kecambah untuk kesehatan tubuh mausia, saya ucapkan terimakasih karena sudah berkunjung di blog rumah sehat ini. Semoga artikel ini dapat menambah pengetahuan kita dalam menjaga kesehatan tubuh.