4 MANFAAT BUAH ZAITUN BAGI KESEHATAN TUBUH

MANFAAT BUAH ZAITUN BAGI KESEHATAN TUBUH

Buah zaitu atau olive europaea ini sudar terkenal dari zaman dahulu. Hal ini karena buah zaitun ini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh manusia. Di negara indonesia buah ini di gunakan saat buah sudah di oleh menjadi minyak zaitu, yang bisa di gunakan sebagai minyauntuk memasak, merawat kecantikan wajah, untuk memberi asupan nutrisi kepada rambut, dan masih banyak lagi.

Sebenernya manfaat buah zaitun ini tidak hanya untuk di jadikan minya saja, Buah zaitun yang memiliki warna hijau atau ungu kehitaman ini juga bermanfaat jika di konsumsi secara langsung, manfaat buah zaitun ini di karenakan oleh kandungan yang di miliki buah zaitun tersebut. buah zaitun ini memiliki kandungan nutrisi, vitamin, mineral, dan juga senyawa organik nya, termasuk zat besi, serat, tembaga, vitamin E, senyawa fenolik, asam oleat, dan berbagi macam kandungan anti oksidan.

selain itu, buah zaitun ini tergolong dalam buah yang memiliki indeks glisemik yang rendah.
Buah zaitun ini memiliki kandungan nutrisi di dalam nya, buah zaitun ini mengandung 115-145 kalori per 100 gram, atau sekitar 59 kalori untuk 10 buah zaitun. Kandungan ini terdiri dari 75-80% kadar air, 11-15% lemak, 4-6% karbohidrat dan sejumlah kecil protein.

Berikut ini saya akan menyebutkan beberapa manfaat baik yang di miliki oleh buah zaitu ini, di antara nya sebagai berikut :

1. Buah zaitun ini mampu melawan infeksi. Buah zaitu ini termasuk buah yang kaya akan kandungan antioksidan seperti oleuropein, hydroxytyrosol, tyrosol, asam oleonalik, quercetin. Buah zaitun ini salah satu buah yang dapat mengurangi kerusakan oksidatif dalam tubuh dan membantu melawan infeksi yang disebabkan oleh bakteri.

2. Buah zaitun dapat meningkatkan kesehatan jantung. Buah zaitun ini salah satu buah yang memiliki kandungan asam oleat yang dapat meningkatkan kesehatan jantung dengan cara mengatur kadar kolesterol dan melindungi kolesterol LDL dari oksidasi, dapat juga membantu mengurangi tekanan darah. Kadar kolesterol yang tinggi dan tekanan darah tinggi merupakan salah satu faktor penyebab terjadinya penyakit jantung.

3. Buah zaitun dapat memperbaiki kesehatan tulang. Penyakit oteoporosis ini di tandai dengan penurunan masa tulang dan kualitas tulang. Hal ini dapat menjadi salah satu faktor meningkat nya resiko patah tulang. Tingkat penyakit oteoporosis di negara-negara mediterania menjadi semakin rendah di karenakan rajin mengkonsumsi buah zaitu di bandingkan dengan negara-negara eropa lainnya. hal ini menyebabka para peneliti berspekulasi bahwa buah zaitun mungkin memiliki sifat protektif untuk kesehatan tulang. Terdapat beberapa senyawa yang telah di temukan di dalam buah zaitun dan juga minyak zaitun yang telah terbukti memiliki kemampuan untuk membantu dalam pencegahan terjadi nya keropos tulang yang di lakukan kepada hewan percobaan.

4. Buah zaitun ini juga mampu mencegah tumbuh nya sel kanker dalam tubuh. Hal ini di sebabkan karena buah zaitun memiliki kandungan antioksidan dan asam oleat yang sangat tinggi. Kandungan tersebut dapat membantu tubuh untuk mengurangi resiko terkena kanker. Para peneliti juga telah membuktikan hal ini dalam sebuah penelitian yang menyakan bahwa kandungan yang di miliki oleh buah zaitun ini dapat mengganggu siklus hidup pertumbuhan siklus sel kanker pada payudara, usus besar dan juga perut. akan tetapi penelitian tentang manfaat yang satu ini masi memerlukan peneliian yang lebih kanjut lagi.

Nah itulah beberapa manfaat buah zaitun pada kesehatan tubuh kita, mengonsumsi buah zaitun secara langsung atau yang sudah di olah menjadi minyak zaitun akan membuat kita menjadi lebih sehat dan dapat terhindar dari serangan sel kanker.

Sekian artikel saya yang membahas manfaat buah zaitun bagi kesehatan tubuh manusia, saya ucapkan terimakasih karena sudah berkunjung di blog rumah sehat ini.