3 MANFAAT BUAH MENGKUDU BAGI KESEHATAN TUBUH DAN EFEK SAMPING NYA

MANFAAT BUAH MENGKUDU BAGI KESEHATAN TUBUH DAN EFEK SAMPING NYA

Mungkin masih ada yang belum tahu tentang buah mengkudu ini, buah mengkudu ini salah satu buah yang banyak di temukan di Australia, India, dan Asia tenggara termasuk di indonesia. Buah mengkudu ini memiliki kandungan berbagai macam zat di antara nya adalah kalium. Kalium adalah salah satu mineral yang mampu membantu mempertahankan daya tahan tubuh manusia.

Buah mengkudu ini terkenal akan khasiat nya bagi kesehatan tubuh manusia. Buah mengkudu ini dapat di jadikan obat untuk brbagai penyakit di antara nya yaitu pilek, sakit kepala, diabetes, kolesterol, tekanan darah tinggi, rematik, alergi, infeksi, peradangan, penyakit jantung, psoriasis, HIV, dan kanker.

Selain untuk obat, buah mengkudu juga dapat di gunakan untuk kecantikan, di antara nya adalah untuk pelembab dan menyamarkan penuaan. Hal ini dapat kita dapatkan denga cara mengoleskan pada kulit. Sayang nya pengobatan menggunakan buah mengkudu ini masih memerlukan penelitian yang lebih lanjut lagi.

Berdasarkan hasil penelitian taha awal, mengonsumsi buah mengkudu 6-8 gram setiap ari dapat membantu meningkatkan energi tubuh dan menghilangkan rasa sakit pada seseorang yang menderita penyakit stadium lanjut. akan tetapi buah mengkudu ini belum efektif untuk merubah atau mengurangi ukuran tumor.

Berikut ini manfaat buah mengkudu bagi kesehatan tubuh manusia, di antara nya sebagai berikut :

1. Buah mengkudu dapat meningkatkan stamina tubuh. meminum juz buah mengkudu ini, di percaya dapat meningkatkan stamina tubuh untuk melakukan segala aktifitas sehari-hari.

2. Buah mengkudu dapat menurunkan tekanan darah tinggi. meminum 4 ons jus buah mengkudu secara rutin selama satu bulan, dapat membantu kita untuk menurunkan tekanan darah dalam tubuh.

3. Buah mengkudu dapat meredakan osteoarthritis. meminum jus buah mengkudu dalam takaran 3 ons setiap hari selama 1,5 bulan dapat membantu meredakan rasa sakit pada seseorang yang menderita osteoarthritis.

Meskipun sebagian hasil penelitian mengatakan bahwa buah mengkudu dapat memyembuhkan penyakit seperti yang di sebutkan di atas, bukan bearti anda dapat menggantikan pengobatan yang di berikan oleh dokter.

Di balik manfaat buah mengkudu yang telah di sebutkan di atas, buah mengkudu ini juga memiliki efeksamping bagi tubuh. Meskipun buah mengkudu ini aman untuk di konsumsi, bearti kita akan terhindar dari efek samping yang di hasilkan oleh buah mengkudu ini. Terutama buah mengkudu yang telah di oleh menjadi ekstrak buah mengkudu dan telah di campur oleh obat-obatan lain nya.

Agar kita tetap dapat menikmati manfaat dari buah mengkudu ini, dan terhindar dari efek samping nya, sebaik nya anda berhati-hati ketika anda ingin mengonsumsi nya sebagai obat herbal, apa lagi anda :

Ibu hamil dan menyesui, sejak dulu buah mengkudu ini di percaya dapat berdampat buruk bagi janin, sebaik nya anda hindari buah ini jika anda sedang menjalankan masa kehamilam.

Memiliki kadar kalium tinggi, mengonsumsi buah mengkudu ini dapat meningkatkan kadar kalium di dalam tubuh kita, kandungan kalium yang tinggi di dalam tubuh kita dapat menyebabkan kelelahan, mual, sulit bernafas, ganguan ginjal, dan yang paling parah adalah terjadinga kelumpuhan dan gangguan jantung.

Memiliki penyakit ginjal, Buah mengkudu memiliki kandungan kalium di dalam nya, di takutkan dapat memperparah kondisi seseorang yang sedang memiliki gangguan ginjal, jika anda memiliki gangguan ginjal sebaik nya anda menjauhi buah mengkidu ini.

Memiliki gangguan pada organ hati, Obat-obattan dan suplemen memiliki kandungan kimia yang di kelola oleh hati, oleh karena itu, jika kita mengkonsumsi obat yang mengandung kandungan buah mengkudu secara rutin di luar kebutuhan, dapat menyebabkan gangguan pada organ hati kita. jika anda sedang menderita gangguan hati sebaik nya anda jauhi buah mengkudu ini.

Nah itulah beberapa manfaat uah mengkudu bagi kesehatan tubuh manusia, akan tetapi di balik baik nya khasiat buah mengkudu bagi kesehatan tubuh, buah mengkudu memiliki efek samping bagi kesehatan tubuh kita, jika kita mengonsumsi buah mengkudu atau obat yang mengandung kandungan buah mengkudu secara berlebihan bisa berakibat fatal. Jadi kita harus tetap berhati-hati jika ingin mengonsumsi buah mengkudu.

Sekian artikel yang membahas buah mengkudu ini, saya ucapkan terimaksih karena sudah berkunjung di blog rumah sehat ini.