16 MANFAAT BUAH NANAS BAGI KESEHATAN TUBUH MANUSIA

MANFAAT BUAH NANAS BAGI KESEHATAN TUBUH MANUSIA

Siapa yang tidak mengenal buah nanas ini, buah nanas ini adalah salah satu buah yang yang sangat mudahdi temukan di sekitar kita, buah nanas ini termasuk buah yang tinggi akan kandungan yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh manusia. Mnafaat buah nanas yang kita ketahui antaralain adalah :
manfaat buah nanas untuk program diet, manfaat buah nanas untuk kolesterol, manfaat buah nanas untuk kecantikan.

Nah di masa ini mengkonsumsi makanan sehat sudah menjadi gaya hidup yang sudah di terapkan oleh sebagian orang guna mendapatkan tubuh yang sehat dan juga energi dalam melakukan serangkaian kegiatan sehari-hari.

Dari mengkonsumsi yoghurt, daging, sayur-sayuran, hingga buah-buahan. salah satu buah yang saat ini sering di konsumsi yaitu buah nanas.

buah nanas banyak di jumpai di supermaket atau pasar-pasar tradisional.

Buah nanas ini tidak hanya di konsumsi begitu saja, tetapi buah ini juga dapat di olah menjadi berbagai makanan dan minuman seperti juz nanas yan sangat menyegarkan. Didalam buah nanas ini mengandung banyak vitamin di antara nya adalah vitamin B1, B2, B3, B5, B6, dan juga vitamin C serta bromelain.

Buah nanas ini adalah salah satu buah yang rendah akan kandungan kolesterol dan kalori, sehingga buah nanas baik untuk di konsumsi sehari-hari.

Berikut ini saya akan memberikan penjelasan tentang manfaat buah nanas bagi kesehatan tubuh kita di antara lain sebagai berikut :

MEMPERKUAT SISTEM KEKEBALAN TUBUH

Sistem kekebalan tubuh yan bagus akan dapat mencegah serangan penyakit yang akan menyerang tubuh seperti batuk, pilek, sakit tenggorokan bahkan penyakit parah seperti bronchitis sekalipun.
Kandungan bromelain yang terdapat dalam buah nanas juga terkenal sebagai zat anti kanker.
Mengkonsumsi buah nanas akan baik mencegah terserangnya penyakit kanker.

KAYA AKAN KANDUNGAN VITAMIN C

Buah nanas memilki kandungan yang bernama bromealin dan juga vitamin C yang sangat tinggi serta kaya akan antioksidan di mana kandungan tersebut dapat melawan adanya radikal bebas yang akan menyerang tubuh.

Buah nanas yang memiliki kandungan vitamin C yang tinggi tersebut bermanfaat mencegah terjadinya penumpukan plak pada arteri atheroscldrosis yang dapat menimbulkan penyakit jantung.

DAPAT MENYEHATKAN TULANG

Buah nanas memiliki kandungan magnesium dan juga kalium, kandungan ini bermanfaat untuk membantu dalam memperkuat tulang dan juga jaringan ikat.

KAYA AKAN KANDUNGAN SERAT

Buah nanas memiliki banyak kandungan serat, kandungan serat ini dapat menyehatkan serta mengoptimalkan kinerja usus. Juga dapat mengobati cacingan serta menghilangkan penumpukan racun yang terjadi pada ginjal dan hati manusia.

DAPAT MENGATASI RASA NYERI

Tidak banyak yang mengetahui bahwa satu gelas jujus nanas merupakan minuman yang sehat bagi binaragawan, hal ini di karenakan buah nanas memiliki kandungan bromelain yang dapat mengatasi sakit pada otot tubuh seperti nyeru pada persendian.

Kandungan yang ada pada buah nanas juga dapat meminimalisir terjadinya pembekuan darah.

KESEHATAN PENCERNAAN

Bah nanas yang di jadikan juz dapat bermanfaat untuk mengobati penyakit sembelit dan juga rasa mual. Manfaat jus nanas lainnya yaitu dapat mengatasi pencernaan.

Selain itu buah nans yang mana mengandung serat dan nutrisi tersebut akan bermanfaat menjaga keteraturan usus.

Enzim yang terkandung d dalam buah nanas yang di jadikan jus akan berperan dalam meningkatkan fungsu usus.

Vitamin C juga akan membantu tubuh menjadi lebih tahan terhadap penyakit karena buah nanas yang di jadika jus akan bertindak sebagai pencegah alami.

MEREDAKAN TERJADINYA PERADANGAN

Kandungan mromelain yang terdapa dalam kandungan buah nanas bermanfaat sebagai zat anti peradangan, anti pengentalan darah, dan juga anti kanker.

sebuah penelitian menjelaskan hasil wawasan nya saat mengonsumsi buah nanas dengan teratur akan membantu melawan arthritis juga masalah pencernaan.

Kandungan broelain yang terdapat pada buah nanas tersebut sering di manfaatkan usebagai khasiat untuk mengatasi masalah peradangan pada kulit seperti dapat mengobatai memar, kesleo, mengurangi bengkak serta dapat mengurangi rasa sakit.

PENYEMBUHAN SANGAT CEPAT

Kandungan yang di miliki oleh buah nanas tersebut bersifata sebagai antiinflamasi yang bermanfaatuntuk menyembuhkan luka dengan sangat cepat.

Agar luka dapat sembuh, cara mengobati dengan buah nanas cukup dengan cara mengoleskan jus nanas di area yang terasa sakit.

Buah nanas yang di jadikan jus juga dapat membantu membersihkan luka sehingga prosesnya penyembuhan nya menjadi lebih cepat.

KESEHATAN PADA JANTUNG

Dalam mempelancar kinerja jantung dan juga mengurangi pembejuan dalam darah maka hasil dari sebuah penelitian di firlandia menunjukkan hasil bahwa asupan vitamin C yang mencukupi tubuh bisa bermanfaat untuk menurunkan resiko terserang nya penyakit jantung koroner.

DAPAT MENYEGARKAN TUBUH

Buah nanas juga bermanfaat untuk menyegarkan tubuh dan menghilangkan rasa kelelahan sehingga di sarankan untuk rutin mengkonsumsi jus di pagi hari.

DAPAT MENJAGA KESEHATAN GUSI GIGI

Buah nanas ini memiliki kandungan vitamin C yang sangat besar, kandungan vitamin C yang terdapat di dalam buah nanas ini dapat berfungsi untuk menurunkan resiko peradangan gusi dan juga mencegah penyakit lainnya yang berhubungan dengan gusi gigi.

MENCEGAH PENYAKIT KATARAK

Vitamin C yang terkandung di dalam buah nanas berperan penting pada kesehatan mata,.
Dari sebuah penelitian telah di tujukan bawa asupan tinggi dari vitamin C akan sangat membantu dalam mengurangi resiko penyakit mata katarak.

Vitamin C secara umum memang dapat berfungsi untuk menjaga kesehatan mata serta mecegah degenerasi manusia.

MENCEGAH TERSERANGNYA PENYAKIT ASMA.

Buah nanas juga merupakan buah yang dati beta karoten yang di buah menjadi vitamin A di mana berperan aktif selama proses pencernaan di dalam tubuh.

Dari sejumlah studi yang telah di lakukan, menunjukkan bahwa kandungan beta karoten tersebut dapat bermanfaat untuk mengurangi resiko terserang penyakit asma namun penelitian tersebut memang masih dalam tahap awal dari proses penelitian.

SEBAGAI KESUBURAN WANITA DAN PRIA

Ini yang menjadi unik, buah nanas yang di jadika jus ini memiliki kandungan berupa vitamin dan mineral seperti vitamin C yang di sebutkan sebelum nya, beta karoten, tembaga, seng dan juga folat.
kandungan-kandungan tersebut memiliki manfaat dalam membantu meningkatkan kesuburan pada pria dan juga wanita.

Bukti lainnya bahwa jus nanas memiliki manfaat yang tidak kalah penting dalam seksuallita.
Akan tetapi bukti tersebut masih belum di dukung teori ilmiah lainnya sehingga masih belim benar ada nya.

MEMINIMALISIR PENYAKIT SINUSITIS

Kita tahu betul banyak orang yang terkena penyakit sinusitis.

Salah satu gejala dari penyakit sinusitis ini adalah hidung tersumbat oleh lendir yang tidak dapat di keluarkan.

hal tersebut akan mengakibatkan tubuh mengalami pilek yang berkepanjangan.

Penyakit sinusitis senir sangat berbeda dengan influenza, di mana kondisi yang terjadi pada penyakit sinositis, lendir yang menumbat hidung yang terperangkap dalam rogga sehigga sulit di sembuhkan.

Pada beberapa kasus, penderita yang mengalami penyakit sinusitis ini melakukan operasi guna mengeluarkan lendir yang tersumbat, dan menyumbat jalurnya pernafasan melalui jalur hidung tersebut.

Nah buah nanas akan berperan sangat penting dalam meminimalisir masalah sinusitis karena buah nanas mengandung enzim yang dapat bermanfaat mencerna protein yaitu enzim bromelain yang bermanfaat sebagai anti inflamasi.

Enzim tersebut untuk mengurangi lendir dan peradangan sinusitis.

SEBAGAI SUMBER ENERGI

Kandungan B1 yang terdapat di dalam buah nanas dapat bermanfaat mengubah gula menjadi energi sehinga di sarankan untuk mengkonsumsi buah nanas sehari-hari atau rutin mengkonsumsi jus nanas.
Nah itulah beberapa manfaat buah nanas bagi kesehatan tubuh kita semua. tak di sangka buka, buah yang sering kita temui di pasar-pasar tradisional ternyata mengandung banyak sekali manfaat bagi kesehatan tubuh manusia.

sekian artikel yang membahas tentang manfaat buah nanas bagi kesehatan, saya ucapkan terimakasih karna sudah berkunjung di blog rumah sehat ini.