11 MANFAAT BUAH ALPUKAT BAGI KESEHATAN TUBUH

MANFAAT BUAH ALPUKAT BAGI KESEHATAN TUBUH

Setiap orang pasti mengetahui buah alpukan ini, buaha alpukat ini salah satu buah yang memiliki beberapa kandungan yang penting bagi kesehatan tubuh manusia. Buah alpukat memiliki kulit yang berwarna hijau dan daging yang tebal memiliki berwarna kuning, dan terdapat biji yang lumayan besar di tengah-tengah nya.

Buah alpukat memiliki kandungan lebih dari 25 nutrisi yang penting bagi kesehatan, termasuk vitamin A, B, C, E, dan vitamin K, copper, zat besi, phosporus, magnesium, dan kalium. Kandungan dalam satu buah alpukat ini setara dengan 3 buah pisang, jadi anda harus mengonsumsi 3 buah pisang untuk mendapatkan kandungan seperti kandungan yang di miliki oleh buah alpukat.

Buah alpukan ini juga memiliki beberapa kandungan serat yang bermanfaat, protein seperti beta-sitosterol, glutathione, dan lutein. kandungan-kandungan tersebut merupakan kandungan yang berkhasiat untuk membantu melindungi tubuh dari serangan berbagai penyakit.

Buah alpukan juga merupakan salah satu buah yang memiliki kandungan kalori yang tinggi yang bisa kita konsumsi. Hal ini di sebabkan karena jumlah yang lebih besar dari kandungan lemak, sekitar 20 kali rata-rata buah lain. Biarpun buah alpukat ini termasuk buah yang tinggi akan kandungan lemak, akan tetapi itu sebagian besar lemak tak jenuh tunggal yang merupakan sebagai lemak sehat.

Berikut ini saya akan menyebutkan beberapa manfaat buah alpukat bagi kesehatan tubuh kita, antara lain sebagai berikut :

1. Buah alpukat dapat menjaga kesehatan jantung kita. Hal ini di karenekan buah alpukat memiliki kandungan vitamin B6 dan asam folat. kandungan-kandungan tersebut dapat membantu mengatur kadar homocysteine. Jika tingkat homocystine dalam tubuh tinggi, di kaitkan dengan peningkatan resiko akan terkena penyakit jantung. Tidak hanya itu saja, buah alpukat juga memiliki kandungan vitamin E, glutathione, dan lemak tak jenuh tunggal, kandungan tersebut dapat bermanfaat membantu dalam menjaga kesehatan jantung kita.

2. Buah alpukat ini dapat menurunkan kadar kolesterol. Buah alpukat ini di perkaya dengan kandungan beta-sitosterol yang telah terbukti sangat efektif untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Menurut sebuah penelitian, pasien dengan penyakit hiperkolesterolemia ringan yang termasuk alpukat yang di pakai untuk melakukan program diet mereka selama 7 hari memiliki 17% penurunan akan kadar kolesterol darah total. 22% penurunan pada kedua LDL (koesterol buruk) dan trigliserida dan peningkatan 11% dalam tingkat HDL (kolesterol baik).

3. Buah alpukan ini dapat mengendalikan tekanan darah dalam tubuh. Hal ini di karenaka buah alpukat adalah salah satu buah yang menjadi sumber akan kandungan kalium, kadungan kalium ini dapat membantu dalam mengontrol tekanan darah.

4. Buah alpukat juga menjadi buah yang anti-inflammatory atau sifat inflamasi. Hal tersebut di karenaka buah alpukat memiliki kandungan seperti polyphenois dan flavonoid, telah di temukan memiliki sifat anti-inflamasi sehingga dapat mengurangi resiko gangguan inflamasi dan degenerative.

5. Buah alpukat juga memiliki manfaat untuk meningkatkan kesehatan mata. Buah alpukat menjadi salah satu buah yang menjadi sumber sanagt baik dari kandungan carotenoid lutein yang biasa di kenal untuk membantu melindungi terhadap usia terkait dengan macular degeneration dan serangan katarak.

6. Buah alpukat dapat mengatur tekanan kadar gula darah. Buah alpukan menjadi salah satu buah yang dapat mengatur tekanan kadar gula darah, hal tersebut di akibatkan karena buah alpukat ini memiliki kandungan lemak tak jenuh tunggal yang sangat tinggi. kandungan lemak tak jenuh yang terdapat di dalam buah alpukat ini dapat membantu mengembalikan resistensi insulin yang dapat membantu mengatur kadar gula darah. tidak hanya itu saja, buah alpukat juga memiliki kandungan serat larut sehingga dapat mengatur tekanan kadar gula darah. agar tetap setabil.

7. Buah alpukat dapat mengurangi terkenanya resiko stroke. Buah alpukat ini memiliki kandungan folat yang tinggi, sehingga menjadikan buah alpukat sebagai buah yang dapat menjaga tubuh dari serangan stroke.

8. Buah alpukat juga dapat melindungi tubuh dari serangan kanker. Hal tersebut terjadi karena banyak nya penelitian yang telah menunjukkan bahwa buah alpukat memiliki kemampuan untuk menghambat pertumbuhan sel kanker prostat. Asam oleat yang terkandung di dalam buah alpukat ini juga sangat efektif dalam mencegah terbentuknya sel kanker paudara.

9. Buah alpukat ini mampu melawan radikal bebas. Buah alpukat ini memiliki kandungan yang bernama glutation sebuah antioksidan yan kuat untuk membantu tubuh melawan dari serangan radikal bebas.

10. Buah alpukat juga dapat mencegah terjadinya cacat lahir. Buah alpukat ini salah satu buah yang kaya akan kandungan folat, vitamin B dikenal sebagai follic acid. Satu cangkir jus buah alpukat menyediakan sekitar 23% dari nilai harian untuk folat. Tinggi jumlah kandungan folat yang terdapat di dalam buah alpukat sangat lah penting dalam pencegahan cacat lahir, seperti terjadinya kerusakan syaraf dan spina bifida.

11. Buah alpukatjuga memilikin manfaat sebagai penambah berat badan, perawatan kulit, meningkatkan penyerapan nutrisi, menghilangkan bau mulut, sebagai anti sifat penuaan.

Nah itu beberapa manfaat buah alpukat bagi kesehatan tubuh kita. Jika kita mengonsumsi buah alpukat secara rutin, maka kita akan mendapatkan semua manfaat buah alpukat bagi kesehatan tubuh.

Sekian artikel dari saya yang membahas manfaat buah alpukat bagi kesehatan tubuh manusia, saya ucapkan terimakasih karena telah berkunjung di blog rumah sehat ini.