10 MANFAAT BUAH MARKISA BAGI KESEHATAN TUBUH

MANFAAT BUAH MARKISA BAGI KESEHATAN TUBUH

Siapa yang tidak kenal dengan buah markisa ini? buah markisa ini memiliki rasa yang khas yaitu kecut sedikit manis. Buah markisa ini sangat terasa nikmat sekali jika di konsumsi pada saat cuaca panas, apa lagi di buat jiz markisa dan di tambahkan dengan sedikit es batu. Buah markisa ini memiliki bentuk yang bulat dan memiliki biji yang di lapisi dengan daging buah nya. Tanaman buah markisa ini merambat sehingga dapat kita tata dengan sesuka hati kita dengan cara di brikan lanjaran sebagai tempat merambatnya tanaman buah markisa tersebut. Habitat tanaman buah markisa ini di tempat yang sejuk seperti di pegunungan, akan tetapi tanaman buah markisa ini dapat tumbuh dan berbuah di daerah dataran rendah.

Buah markisa ini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh manusia, hal tersebut di akibatkan karena ada nya kandungan nutrisi yang terdapat di dalam buah markisa tersebut. Buah markisa ini memiliki jenis yang berbeda-beda, yang sering di budidayakan di negara indonesia ini antara lain markisa ungu, markisa konyal, markisa kuning, dan markisa erbis. Kali ini saya akan membahas manfaat buah markisa kuning bagi kesehatan tubuh kita.

Berikut ini adalah beberapa manfaat buah markisa bagi kesehatan tubuh manusia antara lain sebagai berikut :

1. Buah markisa dapat menyehatkan dan memperlancar sistem pencernaan. Hal itu di sebabkan karena ada nya kandungan serat tinggi yang terdapat pada buah markisa tersebut, kandungan serat ini lah yang menjadikan buah markisa sebagai salah satu buah yang dapat menyehatkan dan memperlancar sistem pencernaan kita. Jika kita mengonsumsi buah markisa secara rutin, maka kita akan sistem pencernaan kita akan lancar dan usus kita menjadi bersih.

2. Buah markisa juga dapat mencegah pertumbuhan sel kanker. Hal itu di karenakan buah markisa memiliki kandungan antioksidan yang sangat baik untuk tubuh manusia dlam mencegah tumbuh sel-sel kanker di dalam tubuh kita. Zat antioksidan yang di miliki oleh buah markisa tersebut akan memperhambat pertumbuhan sel-sel kanker di dalam tubuh kita.

3. Buah markisa ini sangat baik bagi penderita penyakit asma. Buah markisa ini salah satu buah yang di anjurkan untuk di konsumsi oleh seseorang yang sedang menderita penyakit asma. Hal tersebut di karenakan buah markisa memiliki kandungan zat yang terdapat di dalam buah markisa tersebut, dan zat tersebut di percaya dapat menenangkan serangan asma. Buah markisa ini juga mampu mencegah histamin yang menyebabkan terjadi nya gejala asma.

4. Buah markisa ini memiliki efek relaksasi. Buah markisa ini adalah salah satu buah yang memiliki efek relaksasi, hal ini di sebabkan karena buah markisa memiliki kandungan zat yang dapat memberikan efek tenang dalam pikiran dan dapat mengendorkan tekanan syaraf sehingga dapat membuat perasaan kita menjadi lebih tenang dari sebelum nya.

5. Buah markisa ini juga baik untuk para penderita insomia. Buah markisa adalah salah satu yang dapat membantu anda yang sering mengalami insomnia. Buah markisa ini dapat membantu anda dalam mengatasi insomnia. Hal ini di karenakan buah markisa memiliki efek yang membuat syaraf kita menjadi lebih tenang da merlekskan pikiran manusia sehingga akan menjadikan syaraf kita lebuh mudah mengantuk. Dengan cara meminum jus buah markisa sebelum tidur maka kita akan terhindar dari insomnia.

6. Buah markisa menjadi salah satu buah yang menjadi sumber nutrisi yang baik. Hal ini di karenakan buah markisa memiliki banyak kandungan zat-zat baik di dalam nya sehingga menjadi kan buah markisah sebagai sumber nutrisi yang baik bagi kesehatan tubuh kita. Ada beberapa kandungan buah markisa di antaralain nya seperti vitamin C dan vitamin A dan buah markisa ini juga memiliki kandungan kalium.

7. Buah markisa dapat mengontrol tekanan darah. Buah markisa ini menjadi salah satu buah yang dapat mengontrol tekanan darah di dalam tubuh, hal ini di sebabkan karena buah markisa memiliki kandungan kalium. Kandungan kalium ini memiliki peran penting dalam vasodilator, kandungan kalium yang terdapat di dalam buah markisa ini akan bekerja menenangkan pembuluh darah serta dapat meningkatkan aliran darah.

8. Buah markisa ini dapat mengoptimalkan sistem imunitas. Buah markisa memiliki kandungan manfaat vitamin C, karoten, dan crytoxanthin. ketiga kandungan tersebut berperan penting dalam menjaga dan mengoptimalkan kekebalan dalam tubuh manusia. Kekebalan tubuh ini akan mejaga tubuh dari berbagai serangan penyakit dan dapat menyembuhkan penyakit yang sudah ada di dalam tubuh kita.

9. Buah markisa ini mampu melawan sel kanker. Berdasarkan penilitian yang pernah di lakukan membuktikan bahwa buah markisa ini memiliki kandungan zat fitokimia yang dapat membantu melawan sel-sel kanker yang ada di dalam tubuh si penderita. Dari hasil penelitian tersebut maka ekstrak dari buah markisa dapat membantu menyembuhkan pederita kanker dengan di jadikan obat kanker.

10. Buah markisah salah satu buah yang kaya akan kandungan zat besi. Buah markisa ini menjadi salah satu buah yang memiliki kandungan manfaat zat besi cukup tinggi, dalam satu cangkir jus buah markisa memiliki kandungan zat besi sekitar 4 mg. Zat besi yang di miliki oleh buah markisa ini sangat baik untuk memenuhi gizi tubuh untuk menjaga kesehatan tubuh kita.

Nah itu lah beberapa manfaat buah markisa bagi kesehatan tubuh kita, jika kita mengonsumsi buah markisa secara rutin kita akan mendapatkan semua yang ada di dalam kandungan buah markisa tersebut.

sekian artikel ini yang membahas manfaat buah markisa bagi kesehatan tubuh kita, saya ucapkan terimakasih karena telah berkunjung di blog rumah sehat ini.